Profil Kompetensi Keahlian (Jurusan)

Akuntansi Dan Keuangan Lembaga
Publish Tanggal : 04-04-2019
 

A. DESKRIPSI PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI DAN KEUANGAN LEMBAGA ( AKL )

Program Keahlian Akuntansi dan Keuangan Lembaga secara umum memberikan keterampilan kepada siswa untuk mengelola dan melakukan pencatatan keuangan secara manual maupun komputerisasi, dan membekali siswa dengan keterampilan untuk mengelola dokumen perusahaan, mengelola transaksi keuangan, serta pajak selain itu dibekali juga keterampilan untuk mengelola dokumen yang dijadikan sebagai laporan keuangan yang akurat dan bisa menjadi bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan, agar kompetensi yang dimiliki siswa dapat diterapkan di dunia kerja dan dunia industry.

Siswa jurusan akuntansi akan diajarkan materi Muatan Peminatan Kejuruan. Mata pelajaran Muatan Peminatan Kejuruan ini dibagi menjadi 3, yaitu Dasar Bidang Keahlian, Dasar Program Keahlian, dan Kompetensi Keahlian. Dalam mengelola seluruh transaksi keuangan siswa akan dibentuk untuk bersikap mandiri, berkarakter, disiplin serta bertanggung jawab sehingga lulusannya dapat menjadi staff accounting yang handal.

B. VISI DAN MISI PROGRAM KEAHLIAN AKL

  1.  VISI

Menghasilkan lulusan untuk menjadi tenaga akuntan yang bertakwa, terampil, disiplin, tanggung jawab, kreatif dan inovatif serta berjiwa enterpreneurship yang dibutuhkan sesuai tuntutan IDUKA.

  1. MISI

Untuk mewujudkan visi tersebut, kompentensi keahlian akuntansi keuangan dan lembaga, menciptakan siswa tersebut :

  1. Mampu bekerja dengan baik dan mandiri.
  2. Mampu menjadi akuntan yang berkompeten dan profesional
  3. Memiliki jiwa Enterpreneurship

 C. KOMPETENSI KEAHLIAN YANG DI AJARKAN

Mata pelajaran Muatan Peminatan Kejuruan ini dibagi menjadi 3, yaitu Dasar Bidang Keahlian, Dasar Program Keahlian, dan Kompetensi Keahlian :

  1. Dasar Bidang Keahlian
  • Simulasi dan Komunikasi Digital

Mata pelajaran simulasi dan komunikasi digital mempelajari bagaimana caranya mengemukakan konsep atau gagasan dalam sebuah presentasi digital beserta peralatan dan teknologi yang dibutuhkan.

  • Ekonomi Bisnis

Mata pelajaran ekonomi bisnis mempelajari masalah keuangan, organisasi, terkait pasar, dan lingkungan yang dihadapi oleh perusahaan

  • Administrasi Umum

Mata pelajaran administrasi umum mempelajari tentang bagaimana penyusunan dan pemberkasan dokumen usaha dan dokumen perusahaan

  • Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)

Mata Pelajaran IPA mempelajari tentang ilmu pengetahuan alam yang berkaitan dengan berbagai hal baik tumbuhan, hewan, benda mati dan cara kerjanya

  1. Dasar Program Keahlian
  • Etika Profesi

Mata pelajaran Etika Profesi akan membahas materi-materi yang menyangkut bagaimana kode etik dan hal-hal lainnya yang berkaitan dengan profesi sebagai akuntan.

  • Aplikasi Pengolah Angka

Pada mata pelajaran ini siswa akan mempelajari aplikasi pengolah angka yang dapat digunakan untuk mempermudah proses kerja akuntansi.

  • Akuntansi Dasar

Mata pelajaran ini akan membahas dasar-dasar ilmu akuntansi, seperti konsep debit-kredit, neraca keuangan, atau menyajikan laporan keuangan.

  • Perbankan Dasar

Materi dasar-dasar perbankan yang akan diajarkan antara lain adalah sejarah uang, sejarah bank, fungsi bank, serta sistem operasional lembaga perbankan.

  1. Kompetensi Keahlian
  • Praktikum Akuntansi Perusahaan Jasa, Dagang dan Manufaktur

Pada mata pelajaran ini materi yang dipelajari adalah mengenai buku besar dan kegunaannya, menentukan debet dan kredit, melakukan posting (pemindahan) entri jurnal ke buku besar hingga menyajikan hasil posting entri jurnal ke dalam buku besar

  • Praktikum Akuntansi Lembaga/Instansi Pemerintah

Mata pelajaran praktikum akuntansi keuangan lemabag/instansi pemerintah membahas mengenai pengelolaan keuangan desa, perencanaan dan penganggaran keuangan desa, hingga mengolah perpajakan pada lembaga desa.

  • Akuntansi Keuangan

Mata pelajaran Akuntansi Keuangan  membahas tentang penyajian laporan keuangan kepada pihak luar berupa laporan neraca, rugi laba, perubahan modal dan arus kas kepada pemegang saham, kreditor, supplier dan pemerintah khususnya tentang profitabilitas dan kredibilitas perusahaan.

  • Komputer Akuntansi

Mata pelajaran komputer akuntansi akan membahas mengenai sistem akuntansi yang menggunakan teknologi komputer untuk menjalankan berbagai aplikasi-aplikasi yang dibutuhkan untuk melakukan proses pengelolaan keuangan.

  • Administrasi Pajak

Mata pelajaran administrasi pajak, siswa akan mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan perpajakan. Misalnya pengertian pajak, fungsi pajak, kedudukan pajak, jenis-jenis pajak, tata cara pemungutan pajak, dan hal-hal lainnya yang berkaitan dengan pajak.

  • Produk Kreatif Dan Kewirausahaan

Mata pelajaran produk kreatif kewirausahaan siswa akan mempelajari ilmu mengenai kewirausahaan dan akan diperkenalkan dengan berbagai produk kreatif yang bisa menjadi peluang wirausaha.

D. PROSPEK LULUSAN DIDUNIA USAHA/DUNIA KERJA

Hingga saat ini SMK Jurusan Akuntansi dan Keuangan Lembaga masik banyak diminati. Hal tersebut karena prospek karier yang cukup menjanjikan bagi para lulusannya. Tiap perusahaan pasti membutuhkan tenaga profesional untuk mengatur keuangannya. Berikut ini adalah beberapa peluang kerja bagi lulusan SMK Jurusan Akuntansi dan Keuangan Lembaga :

  • Melanjutkan perguruan tinggi kedinasan
    • STAN (Sekolah Tinggi Akuntansi Negara)
    • STIS (Sekolah Tinggi Ilmu Statistik)
  • Staff Akuntan
    Staff akuntan memiliki tugas untuk mengelola keuangan pada sebuah perusahaan.
  • Internal Auditor
    Tugas seorang internal auditor adalah mengurus dan memastikan seluruh laporan keuangan perusahaan telah sesuai dengan prosedur dan tidak ada penyimpangan dari alokasi-alokasi keuangan tersebut.
  • Perencana Keuangan
    Perencana keuangan bertugas untuk mengatur seluruh keuangan kliennya.
  • Credit Analyst
    Seorang credit analyst bertugas utnuk menganalisis kemampuan nasabah atau klien dalam membayar kredit yang mereka ajukan melalui beberapa aspek yang dimiliki oleh nasabah tersebut. 
  • Kasir
    Seorang lulusan akuntansi pastinya memiliki keahlian dalam menghitung yang cukup baik. Keahlian ini akan sangat bermanfaat jika kamu bekerja sebagai kasir.
  • Teller Bank
    Tugas seorang teller antara lain adalah melayani penarikan, transfer dan penyetoran uang dari pelanggan hingga melakukan pemeriksaan kas.
  • Customer Service Bank
    Meskipun tidak berhubungan langsung dengan uang, namun dengan ilmu akuntansi yang sudah dimilliki tentu akan lebih paham mengenai permasalahan-permasalahan yang ditanyakan oleh nasabah.
  • Budgeting Staff
    Budgeting staff bertugas untuk menyusun, mengelola, dan membuat laporan mengenai anggaran yang dibutuhkan oleh suatu perusahaan
  • Staff Inkaso
    Tugas seorang staff inkaso adalah untuk menyiapkan dokumen-dokumen penagihan, serta mengontrol dan mencatat hasil-hasil penagihan perusahaan.

 E. KEGIATAN PRAKTIK SISWA JURUSAN AKUNTANSI DAN KEUANGAN LEMBAGA