Profil Kompetensi Keahlian (Jurusan)

Manajemen Perkantoran
Publish Tanggal : 15-10-2018
 

A. DESKRIPSI JURUSAN OTOMATISASI DAN TATA KELOLA PERKANTORAN (OTKP)

Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran merupakan salah satu kompetensi keahlian di bidang teknologi perkantoran, korespondensi dan kearsipan. Bidang keahlian bisnis dan manajemen yang mempelajari tentang pembuatan naskah atau dokumen, penanganan telepon, penataan dan pengelolaan surat untuk menghasilkan tenaga administrasi tingkat menengah terampil di dunia usaha dan industri.
Orientasi jurusan Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran diarahkan untuk menghasilkan lulusan yang terampil dan siap memasuki dunia usaha dan industri sebagai petugas administrasi, petugas kearsipan, petugas perpustakaan, resepsionis dan sekertaris junior.

B. VISI DAN MISI PROGRAM KEAHLIAN OTKP

  • VISI
    Menciptakan lulusan yang terampil dibidang Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran yang terampil, kompeten, tanggung jawab, mandiri dan berakhlak mulia serta mampu bersaing di dunia kerja.
  • MISI
    1. Mendisiplinkan siswa setiap mengikuti pembelajaran.
    2. Membentuk karakter siswa dalam melaksanakan pekerjaan agar bertanggung jawab.
    3. Membekali siswa dengan ilmu Otomatisai Tata Kelola Perkantoran yang meliputi kearsipan, korespondensi, kepegawaian, dan humas keprotokolan.
    4. Mengasah keterampilan siswa melalui pembelajaran praktek.
    5. Memberikan pengalaman kerja siswa melalui program Praktek Kerja Industri.

C. KOMPETENSI KEAHLIAN YANG DIAJARKAN

  1. Muatan Nasional
    a. Pendidikan Agama Dan Budi Pekerti
    b. Pendidkan Pancasila Dan Kewarganegaraan
    c. Bahasa Indonesia
    d. Matematika
    e. Sejarah Indonesia
    f. Bahasa Inggris Dan Bahasa Asing Lainnya*)\
  2. Muatan kewilayahan
    a. Seni Budaya
    b. Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan
  3. Muatan Peminatan Jurusan.
  • Dasar Bidang Keahlian
    1. Simulasi Dan Komunikasi Digital
    2. Ekonomi Bisnis
    3. Administrasi Umum
    4. Ilmu Pengetahun Alam (IPA)
  • Dasar Program Keahlian
    1. Teknologi Perkantoran
    2. Korespondensi
    3. Kearsipan
  •  Kompetensi Keahlian
    1. Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran
    2. Otomatisasi Tata Kelola Keuangan
    3. Otomatisasi Tata Kelola Sarana Dan Prasarana
    4. Otomatisasi Tata Kelola Humas Dan Keprotokolan
    5. Produk Kreatif Dan Kewirausahaan

E. PROSPEK LULUSAN DI DUNIA USAHA/ DUNIA KERJA

Prospek Lulusan Jurusan Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran Adalah Sebagai Berikut :
1. Resepsionis
Peluang kerja pertama yang bisa dilakukan oleh lulusan Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran adalah menjadi resepsionis, terlebih bagi Kamu yang memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik. Kamu bisa menjadi resepsionis hotel, perusahaan dan lain-lain karena setiap perusahaan yang
bergerak di bidang apapun pasti akan membutuhkan posisi resepsionis untuk menjadi bagian front office perusahaan mereka.
2. Sekretaris
Prospek kerja berikutnya yang bisa dilakukan oleh jurusan Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran adalah menjadi seorang sekretaris. Tugas utama seorang sekretaris ialah untuk memfilter informasi yang berkaitan dengan bisnis perusahaan bagi pimpinan serta menjadi media perekam, penyimpan, dan pengingat kegiatan atasan di perusahaan.
3. Staff Administrasi
Peluang kerja berikutnya yang bisa Kamu lakukan sebagai lulusan Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran adalah menjadi staff administrasi. Tugas utama seorang staff administrasi adalah untuk melakukan berbagai pelayanan kantor yang berkaitan dengan administrasi untuk mendukung kelancaran operasional perusahaan.
4. Asisten Sekretaris
Untuk peluang atau prospek kerja Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran berikutnya adalah menjadi asisten sekretaris. Tidak hanya dapat menjadi sekretaris, Kamu juga bisa menjadi asisten sekretaris. Sebagai seorang asisten sekretaris, Kamu akan memiliki tugas untuk menerima berbagai
panggilan telepon dan jadwal pertemuan pimpinan serta mengatur jadwal pertemuan, konferensi, hingga pemesanan perjalanan untuk para staff kantor.
5. Staff Personalia
Peluang kerja berikutnya yang dapat Kamu lakukan sebagai lulusan Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran adalah menjadi staff personalia. Jabatan staff personalia berbeda dengan HRD. Staff personalia lebih banyak bertugas dan bertanggung jawab untuk hal-hal seperti database karyawan, payroll, atau pembayaran pembayaran lainnya.Staff personalia juga bertugas untuk mengelola hal-hal seperti absensi karyawan, pinjaman karyawan, atau pencatatan cuti tahunan setiap karyawan.
6. Event Organizer
Peluang kerja selanjutnya yang bisa Kamu lakukan sebagai Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran perkantoran adalah menjadi event organizer. Saat ini industrI event sedang berkembang dengan pesat seiring dengan kebutuhan hiburan para masyarakat urban. Hal ini terlihat dari banyaknya event-event atau kegiatan yang digelar di berbagai lokasi hampir setiap akhir pekan.

F. KEGIATAN PRAKTIK SISWA JURUSAN OTOMATISASI DAN TATA KELOLA PERKANTORAN