Detail Berita

SMKN 1 LANGSA MELAKSANAKAN UJI KOMPETENSI KEAHLIAN TAHUN 2024 / 2025
Publish Tanggal : 20-02-2025, Kategori : UJIAN KOMPETENSI KEAHLIAN (UKK)
 

Kegiatan Uji Kompetensi Keahlian Siswa UKK TA. 2024/2025 SMKN 1 LANGSA

Uji Kompetensi Keahlian (UKK) bagi peserta didik SMK menjadi indikator ketercapaian standar kompetensi lulusan dan bentuk ketercapaian pembelajaran yang selaras dengan dunia kerja, Peraturan Pemerintah Nomor 4 Tahun 2022 tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah nomor 57 tentang Standar Nasional Pendidikan menyebutkan bahwa Standar Kompetensi Lulusan pada satuan pendidikan jenjang pendidikan menengah kejuruan salah satunya difokuskan pada keterampilan untuk meningkatkan kompetensi peserta didik agar dapat hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut sesuai dengan kejuruannya. Berdasarkan Panduan Pembelajaran dan Asesmen pada SMK, terdapat bentuk asesmen khas yang membedakan dengan jenjang yang lain salah satunya adalah Uji Kompetensi Keahlian (UKK)Terdapat UKK merupakan bentuk asesmen terhadap pencapaian kualifikasi jenjang 2 (dua) atau 3 (tiga) pada KKNI /Okupasi yang dilaksanakan di akhir masa studi. Hasil UKK bagi peserta didik akan menjadi indikator ketercapaian standar kompetensi lulusan. Materi UKK disusun berdasarkan skema sertifikasi sesuai dengan jenjang kualifikasi asesi yang memuat kemampuan melaksanakan pekerjaan spesifik, operasional, dan/atau penjaminan mutu. Soal UKK dapat berbentuk penugasan atau bentuk lain yang dinilai secara individual untuk membuat suatu barang dan/atau jasa sesuai tuntutan standar kompetensi. UKK dilaksanakan sebagai bagian dari proses pembelajaran di SMK di tingkat terakhir. Alhamdulillah kita SMKN  1 LANGSA bekerjasama dengan LP3i LANGSA, BKSDM LANGSA, SAMBROTHER ADVERTISING LANGSA, SUZUYA LANGSA dan INDIGO PICTURE LANGSA Sebagai Instansi penguji eskternal yang akan dilaksanakan pada tanggal 17 sampai dengan Tgl 22 Februari 2025.

Peran Strategis dalam Meningkatkan Lulusan Siswa

Hasil UKK memiliki peran strategis dalam menentukan kelulusan siswa SMK. Sebab UKK menjadi salah satu syarat utama kelulusan, bersama dengan hasil ujian teori yang telah diujikan sebelumnya. Oleh karena itu, siswa harus mempersiapkan diri dengan baik agar dapat memenuhi standar yang ditetapkan. Selain itu, keberhasilan dalam UKK juga dapat menjadi salah satu indikator bagi dunia industri mengenai kualitas lulusan dari SMK. Artinya, lulusan yang berhasil melewati UKK dengan baik akan menunjukkan bahwa mereka memiliki keterampilan dan kompetensi yang siap diterapkan di tempat kerja. UKK tidak hanya mengukur kemampuan teori siswa, tetapi juga menilai keterampilan praktis yang mereka miliki. Dengan demikian, UKK menjadi salah satu instrumen yang dapat menggambarkan secara nyata sejauh mana seorang siswa dapat mengaplikasikan ilmu yang telah dipelajari dalam situasi yang sesungguhnya. Terlebih UKK juga dapat menunjukkan area mana yang masih perlu diperbaiki, sehingga menjadi bahan evaluasi bagi sekolah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Ujian Kompetensi Keahlian menjadi semakin penting dengan adanya kemitraan antara lembaga pendidikan dan IDUKA. Dikarenakan dapat memberikan banyak manfaat yang tidak hanya menguntungkan siswa, tetapi juga membantu memperkuat hubungan antara dunia pendidikan dan industri. Berikut adalah beberapa alasan mengapa UKK yang bermitra dengan industri sangat penting. Kemitraan antara SMK dan industri memiliki peran besar dalam menjamin kualitas tenaga kerja yang dihasilkan. Dengan melibatkan industri dalam pelaksanaan UKK, proses pengujian keterampilan siswa dilakukan sesuai dengan standar yang berlaku di dunia kerja. Hal ini memastikan bahwa siswa yang lulus dari SMK memiliki keterampilan yang sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan industri terkini. Oleh karena itu, lulusan SMK yang telah mengikuti UKK dengan standar industri akan lebih siap untuk terjun langsung ke dunia kerja, dengan pengetahuan dan keterampilan yang relevan dan terupdate.

Menyediakan Sumber Informasi tentang Kompetensi Siswa

Melalui kerja sama ini, industri dapat memberikan penilaian yang lebih objektif tentang kompetensi siswa yang diuji. Artinya, industri tidak hanya menilai keterampilan siswa berdasarkan teori yang diajarkan di sekolah, tetapi juga berdasarkan aplikasi praktis yang langsung diterapkan di dunia kerja. Hal ini menyediakan sumber informasi yang sangat penting untuk mengetahui tingkat kesiapan siswa dalam menghadapi tantangan dunia industri. Selain itu, informasi ini bisa digunakan oleh SMK untuk mengevaluasi dan meningkatkan kurikulum, agar lebih sesuai dengan kebutuhan industri dan perkembangan teknologi yang cepat. Kerja sama antara SMK dan industri tidak hanya sebatas pada pelaksanaan UKK, tetapi juga meningkatkan kerjasama yang berkelanjutan antara kedua belah pihak. Karena kerjasama ini membuka peluang bagi SMK untuk mendapatkan masukan langsung dari industri mengenai perkembangan tren di sektor tertentu. Sebaliknya, industri juga dapat memberikan pelatihan dan kesempatan magang kepada siswa SMK, yang memberi mereka pengalaman langsung di lapangan. Hal ini sangat penting untuk menjembatani kesenjangan antara apa yang diajarkan di sekolah dan apa yang dibutuhkan oleh dunia industri. Kemitraan dengan industri juga mendorong inovasi dalam pendidikan. Dengan mengikuti perkembangan terbaru dalam teknologi dan proses industri, sekolah dapat menyesuaikan materi pembelajaran agar tetap relevan dan efektif. Sehingga melalui kerja sama ini SMK dapat menyediakan fasilitas dan peralatan yang lebih mutakhir, guna mendukung pembelajaran berbasis praktik.

 

Editor : //@alinepranata24

https://bpos.online/